Senin, 26 Oktober 2015

Proposal Rencana Usaha Sandal Unik



DAFTAR ISI










BAB 1. RINGKASAN EKSEKUTIF


Home  industri Sandal Karakter bermula pada melihat kebutuhan masyarakat akan alas kaki sangat tinggi, sehingga kami mempunyai ide untuk memproduksi sandal jepit namun dengan karakter unikseperti tokoh kartun dan animasi. Sandal ini kami buat bertujuan agar para pengguna setia sandal tidak bosa dengan bentuk sandal yang itu-itu aja. Sekarang konsumen dapat memilih karakter yang mereka sukai bahkan dapat diaplikasikan nama agar sandal itu tidak tertukar dengan orang lain.
Perusahaan yang saya dirikan merupakan perusahaan rumahan ( Home industri ) dimana perusahaan ini berawal dari kecintaan seorang Kakak kepadasang Adik yang baru belajar berjalan dan baru belajar memakai sandal. Sang kakak sangat senang melihat adiknya belajar berjalan dan tercetuslah ide untuk membuatkan sandal berbentuk karakter kartun favorit sang adik, lantas sang kakak pun mencoba memesan sandal kepada pengrajin sandal yang ada di wilayah cirebon ( barepan ). Tak sengaja para kerabat yang ada dilingkungan rumah saya pun tertarik dengan sandal yang saya buatkan untuk adik saya lalu sayamencoba belajar membuat sandal tersebut dari mulai pemilihan bahan, pembuatan design, pemotongan pola sampai pada pengeleman. Dikarenakan pada awalnya saya hanya menyuplai bahan dari pengrajin yang sudah ada, sehingga keuntungan  yang saya peroleh pun tidak maksimal. Lalu saya pun memilih  untuk mencari tau pabrik yang menyediakan bahan baku berupa spons ringan hingga spons padat.
Kegiatan usaha ini dimulai sejak saya masih duduk dibangku semester 1 hingga sekarang saya duduk dibangku semester 2 baru 6 bulan, belum lama memang. Yakni tepatnya pada tanggal 4 Oktober 2014. Usaha ini pada awalnya dikelola oleh saya sendiri dari mulai proses penyediaan bahan baku, proses produksi sampai proses pemasaran saya lakukan sendiri. Akan tetapi kini melihat semakain meningkatnya target pasar yang saya bidik membuat jumlah permintaan terhadap produk yang kami produksi meningkat tajam sehingga saya meminta bantuan kepada rekan saya untuk membantu saya menangani produksi sandal karakter ini.
Harapan untuk kedepannya dari usaha ini adalah semakin luasnya target pasar untuk produk kami melalui Web sendiri yang kami kelola sehingga para konsumennya pun tidak hanya berasal dari lingkungan sekitar akan tetapi dari luar lingkungan sekitarpun dapat dengan mudah mengetahui produk kami dengan cara mengakses Web pribadi kami. Selain itu kami juga berharap kepada pemerintah untuk menghimbau kepada masyarakat Indonesia agar terus mencintai produk-produk Inidonesia, karena pada dasarnya dari industri-industri kreatif inilah yang membantu pemerintah dalam menangani masalah perekonomian masyarakat.



BAB 2. LATAR BELAKANG


2.1. Latar Belakang


Usaha kerajinan sandal karakter ini adalah jenis usaha kerajinan bersekala kecil yang khusus hanya memproduksi berbagai macam sandal berbahan spons yang di bentuk dengan pola karakter kartun / animasi yang sedang ramai ditonton oleh para konsumen. Alasan saya dalam memilih usaha kerajinan sandal karakter saya dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan yang cukup matang.
Sandal sudah menjadi barang kebutuhan pokok manusia, sandal digunakan sebagai alas kaki atau pelindung kaki dari debu atau yang membahayakan kaki saat berjalan. Oleh karena itu saya menjual sandal karena selalu dicari oleh banyak orang .
Bahan baku yang digunakan tidak terlalu sulit dan mudah didapat. Saya hanya membutuhkan spons yang disuplai langsung oleh pabrik, lem karet dan alat untuk memotong pola. Agar lebih menarik pola dari sandal tersebut ialah tokoh kartun / animasi yang sedang digemari oleh para konsumen atau bahkan juga bisa request sesuai permintaan para konsumen.

2.2. Tujuan Kegiatan


Tujuan dari didirikannya usaha kerajinan sandal lucu ini adalah :
a.       Untuk mengembangkan kreatifitas diri saya dalam bidang kerajinan sandal.
b.      Memanfaatkan sandal jepit yang biasa-biasa saja menjadi lebih menarik lagi.
c.       Sebagai bentuk pembelajaran saya dalam berwirausaha.

2.3. Identitas Perusahaan


Nama jenis usaha                    : Home Industri “ KERAAJINAN SANDAL UNIK “
Alamat                                    : Perum Sumber Asri No. 32 – Kepongpongan Cirebon
Nama pemilik                         : Indah Aprilia
Bentuk usaha                          : Perorangan



2.4. Visi dan Misi


VISI
Visi kami adalah menjadi sebuah bisnis tekstil yang memberikan mutu yang konsisten untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

MISI
Misi kami adalah berkomitmen penuh terhadap produk yang berkualitas dan pelayanan memuaskan melalui penerapan sistem pengendalian manajemen yang baik. Sasaran kami adalah kualitas produk yang konsisten, pengiriman produk yang tepat waktu, kepuasan pelanggan dan peningkatan kualitas produk secara berkesinambungan.

2.5. Aktivitas Usaha


·         Memproduksi sandal berbagai macam karakter kartun / animasi.
·         Melayani kerjasama bagi yang berminat menjadi reseller.
·         Menjadi cinderamata bagi wisatawan yang berkunjung kedaerah cirebon.













BAB 3. TIM MANAJEMEN


 Dalam menjalankan usaha ini tentu saya tidak sendirian, saya dibantu oleh 2 orang teman saya yang sama-sama berstatus  sebagai mahasiswa semester 2 sebuah Universitas Swasta di Kota Cirebon. Dalam hal ini teman saya  membantu produksi dibagian Produksi ( Pemotongan pola, pengeleman ) dan sampai membantu pada proses pemasaran produk kami ini. Berikut susunan organisasi dalam perusahaan “ SANDAL UNIK “ :
OWNER
INDAH APRILLIA
MAREKTING
MEGA DWI S
PRODUKSI
SHELLY NUR LAELATI
 






















BAB 4. RENCANA KEUANGAN

BAB 4. RENCANA KEUANGAN

A.       Biaya Tetap Pembiayaan Per tahun


Kami tidak banyak menggunakan alat,karena proses pembuatan produk kami menggunakan tenaga manusia. Di bawah ini bahan yang di gunakan

No
Nama barang
Umlah barang
Harga satuan
Umlah harga
1
Gunting
5 buah
Rp 5.000
Rp 25.000
2
Jarum
6 buah
Rp 3.000
Rp 1.000
                                                                                           Jumlah                    Rp 4.000

B.        Biaya variabel(variabel cost) per bulan


No
Nama barang
Umlah barang
Harga satuan
Umlah harga
1
Sandal jepit
5 lusin
Rp 10.000
Rp 500.000
2
Kain flannel
30 meter
Rp 4.000
Rp 120.000
3
Boneka hias
50 buah
Rp 3.000
Rp 150.000
4
Lem kayu
10 buah
Rp 4.000
Rp 40.000
5
Plastic
3 ps
Rp 7.000
Rp 21.000
6
Karton
5 buah
Rp 3.000
Rp 15.000
7
Pulpen
3 buah
Rp 2.000
Rp 6.000

Spidol
3 buah
Rp 5.000
Rp 15.000
9
Nota bon
2 buah
Rp 5.000
Rp 10.000
10
Steples+isi
2 buah
Rp .000
Rp 10.000
11
Benang
10 buah
Rp 1.000
Rp 10.000
12
Poster
1 lembar
Rp 15.000
Rp 15.000
13
Foto opy
100 lembar
Rp 200
Rp 20.000
14
Taplak mea
2 buah
Rp 10.000
Rp 20.000
                                                                                                              Jumlah         Rp 952.000

         Biaya total  = Variabel cost + fixed cost
= Rp 952.000+Rp 4.000
                        =Rp 1.000.000

·           Biaya Harga Per unit
  Biaya per  unit adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : Jumlah produksi yang dihasilkan
= Rp 952.000 : 60 buah = Rp. 5.66
Harga jual per unit Rp 35.000

         Modal  Awal
    Modal awal = Rp Rp 952.000

·         Analisis Titik Impas (BEP)  
BEP harga = Total biaya produksi selama 1 bulan : produksi
= Rp 952.000 : 60 buah
= Rp 5.66
 H arga per unit Rp 35.000

B EP Produksi = total biaya produksi selama 1 bulan : harga per unit
                              =Rp 952.000 : Rp 35.000
                               = 27 buah
Jadi,untuk mencapai titik impas maka dalam  satu  sandal
            = 60 x Rp 35.000
= Rp 2.00.000

       Total biaya produksi dalam satu bulan
Keuntungan = Pendapatan – total biaya produksi
          = Rp 2.00.000  - Rp 952.000
          = Rp .4.000

Jadi,keuntungan yang diperoleh dengan menjual 60 buah lampu hias dengan harga Rp.35.000 per buah dalam satu bulan adalah Rp 1.14.000

       Sendal unik yang terjual per hari = 60 : 30
                            = 2 uah sandal unik

Maka,pay back periode = BEP produksi :penjualan per hari
                        = 27 : 3
                        = 7 hari
Jadi,modal akan kembali dalam jangka waktu 7 hari dalam penjualan 2 buah sandal  tiap harinya.











BAB 5. RENCANA PEMASARAN


5.1. Sasaran Pemasaran


Target pemasaran dari perusahaan kami ini  adalah :
·         Anak-anak
·         Remaja
·         Dewasa

5.2. Strategi Pemasaran


Kami akan memasarkan produk yang dijual dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan, memberikan potongan harga dan terus memperkenalkan sandal unik kualitas terbaik kepada koonsumen dengan cara memberikan Informasi yang jujur dan tanggung jawab. Sandal Unik juga menerima pesanan demi kepuasan konsumen atau pelanggan agar tetap setia datang kepada “ Sandal Unik “ .

5.3. Persaingan


Dalam usaha ini “ sandal unik “ menemukan satu pesaing yang lokasinya tidak jauh dari “ sandal unik “ .

5.4. Perkiraan Bagian Pasar


Perkiraan pembeli disekitar tempat produksi sebanyak 1.000 orang. Jika terdapat satu pesaing maka tiap usaha akan melayani 1.000/2 = 500 orang. Dengan perkiraan tersebut, penulis yakin masih ada peluang untuk mendapatkan keuntungan.





BAB 6. LOKASI USAHA


Tempat lokasi yang dipilih untuk memproduksi sandal unik ini ialah rumah pribadi dari saya sendiri, tentu pemilihan lokasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemajuan usaha itu sendiri. Pemilihan rumah pribadi beralasan karena demi menghemat pengeluaran untuk modal tetap yakni berupa bangunan dan juga agar saya dapat setiap waktu mengontrol proses produksi sehingga dapat terpantau dengan baik.
Selain itu pemilihan rumah pribadi sebagai tempat pribadi dikarenakan dekat dengan sumber bahan baku dan sumber daya manusia itu sendiri. Sengaja saya memilih merekrut para kerabat dekat saya agar dapat  ikut merasakan proses usaha ini sehingga dengan harapan agar mereka dapat termotifasi untuk mencoba terjun kedalam dunia usaha.
Tidak hanya dijadikan sebagai tempat produksi, rumah pribadi pun saya gunakan untuk membuka stand penjualan sandal unik ini, tentu saja target pasarnya pun adalah para konsumen yang berada di sekitar tempat produksi. Walaupun stand yang saya dirikan di rumah masih terbilang sangat kecil namun berkat cerita dari satu orang ke orang lain membuat produk yang kami jual banyak dicari oleh masyarakat.
Selain rumah pribadi yang dijadikan stand penjualan kami pun memasarkan produk kami dengan cara membuka stand di tengah-tengah keramaian publik seperti pasar, dan kami menitipkan produk kami ke warung-warung.
Penentuan lokasi usaha ini harus di perhatikan dengan hati-hati, dikarenakanjika salah memilih lokasi maka akan berdampak pada penjualan maupun dalam proses produksinya, yakni seperti jika lokasi usaha yang jauh dari jalan raya membuat akses distribusi akan terganggu atau bisa jadi biaya utnuk distribusi bahan baku akan sangat tinggi, dan selain itu apabil pemiihan lokasi usaha tidak tepat maka akan berdampak pada penjualan juga seperti jika lokasi usaha tidak mudah diketahui banyak orang maka otomatis jumlah penjualannya pun akan sedikit.
Usaha ini menargetkan anak-anak sebagai target pasar dalam penjualan, maka dari itu sengaja kami memilih tempat keramaian seperti mendatangi langsung para calon konsumen kita ke sekolah-sekolah dari mulai tingkat PAUD sampai ke Sekolah Dasar. Bentuk sandalnya yang berkarakterkan kartun dan animasi ini menjadi salah satu senjata untuk merebut hati para koonsumennya. Begitupun dengan harga dari sandal unik ini yang sangattejangkau membuat segala lapisan masyarakat dapat memiliki sandal unik tersebut, akan tetapi dengan menawarkan produk dnegan harga murah tidak mengurangi kualitas dari sandal unik ini.




BAB 7. RENCANA MANUFAKTUR


Usaha kerajinan sandal unik yang akan kami dirikan adalah jenis usaha industri rumahan berskala kecil yang khusus hanya memproduksi sandal berbahan spons.alasan kami dalam memilih usaha ini adalah berdasarkan atas pertimbangan-pertimbangan seperti ;Bahan spons yang sangat nyaman digunakan dan memiliki banyak warna sehingga dapat dipadu padankan menjadi sebuah sandal yang menarik.
Untuk usaha pembuatan sandal unik iini dikelola oleh tenaga kerja yang memiliki daya imajinasi dan tingkat ke-kreatifan yang tinggi sehingga mampu menghasilkan sebuah produk sandal yang memang berbeda dengan produk sandal ditempat lain, kelebihan dari sandal unik ini ialah bahan baku spons yang nyaman, lem di in soll maupun out soll yang kuat ditambah proses penjahitan di bagian out soll membuat sandal ini tahan terhadap air. Sehingga aktifitas perekonomian mahasiswa dalam usaha industri pembuatan sandal unik direspon oleh masyarakat luas. Mudah-mudahan dengan adanya program usaha pembuatan sandal unik ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar khususnya bagi mahasiswa yang mempunyai jiwa enterpreneur yang tinggi.

7.1. Metodologi Pembuatan Produk


Bahan Baku :
·         Spons ringan
·         Spons padat
·         Tali sandal
·         Lem karet
·         Benang sol
Tahapan produksi
·         Tentukan karakter kartun / animasi untuk dijadikan pola
·         Pilih spons padat & spons ringan
·         Potong spons padat & spons ringan mengikuti pola yang telah ditentukan dan ukuran sandal
·         Olesi lem karet pada bagian bawah  spons
·         Pasang tali sandal pada spons atas
·         Satukan kedua spons dengan posisi spons padat dibawah dan spons ringan diatas
·         Press sandal menggunakan mesin pengepres hingga lem merekat sempurna
·         Jahit bagian out soll sandal menggunakan benang sol
·         Pasang barcode untuk identitas produk
·         Kemas rapih produk menggunakan kemasan
·         Produk Sandal Unik siap dipasarkan

BAB 8. APENDIX





DAFTAR ISI










BAB 1. RINGKASAN EKSEKUTIF


Home  industri Sandal Karakter “        “ bermula pada melihat kebutuhan masyarakat akan alas kaki sangat tinggi, sehingga kami mempunyai ide untuk memproduksi sandal jepit namun dengan karakter unikseperti tokoh kartun dan animasi. Sandal ini kami buat bertujuan agar para pengguna setia sandal tidak bosa dengan bentuk sandal yang itu-itu aja. Sekarang konsumen dapat memilih karakter yang mereka sukai bahkan dapat diaplikasikan nama agar sandal itu tidak tertukar dengan orang lain.
Perusahaan yang saya dirikan merupakan perusahaan rumahan ( Home industri ) dimana perusahaan ini berawal dari kecintaan seorang Kakak kepadasang Adik yang baru belajar berjalan dan baru belajar memakai sandal. Sang kakak sangat senang melihat adiknya belajar berjalan dan tercetuslah ide untuk membuatkan sandal berbentuk karakter kartun favorit sang adik, lantas sang kakak pun mencoba memesan sandal kepada pengrajin sandal yang ada di wilayah cirebon ( barepan ). Tak sengaja para kerabat yang ada dilingkungan rumah saya pun tertarik dengan sandal yang saya buatkan untuk adik saya lalu sayamencoba belajar membuat sandal tersebut dari mulai pemilihan bahan, pembuatan design, pemotongan pola sampai pada pengeleman. Dikarenakan pada awalnya saya hanya menyuplai bahan dari pengrajin yang sudah ada, sehingga keuntungan  yang saya peroleh pun tidak maksimal. Lalu saya pun memilih  untuk mencari tau pabrik yang menyediakan bahan baku berupa spons ringan hingga spons padat.
Kegiatan usaha ini dimulai sejak saya masih duduk dibangku semester 1 hingga sekarang saya duduk dibangku semester 2 baru 6 bulan, belum lama memang. Yakni tepatnya pada tanggal 4 Oktober 2014. Usaha ini pada awalnya dikelola oleh saya sendiri dari mulai proses penyediaan bahan baku, proses produksi sampai proses pemasaran saya lakukan sendiri. Akan tetapi kini melihat semakain meningkatnya target pasar yang saya bidik membuat jumlah permintaan terhadap produk yang kami produksi meningkat tajam sehingga saya meminta bantuan kepada rekan saya untuk membantu saya menangani produksi sandal karakter ini.
Harapan untuk kedepannya dari usaha ini adalah semakin luasnya target pasar untuk produk kami melalui Web sendiri yang kami kelola sehingga para konsumennya pun tidak hanya berasal dari lingkungan sekitar akan tetapi dari luar lingkungan sekitarpun dapat dengan mudah mengetahui produk kami dengan cara mengakses Web pribadi kami. Selain itu kami juga berharap kepada pemerintah untuk menghimbau kepada masyarakat Indonesia agar terus mencintai produk-produk Inidonesia, karena pada dasarnya dari industri-industri kreatif inilah yang membantu pemerintah dalam menangani masalah perekonomian masyarakat.



BAB 2. LATAR BELAKANG


2.1. Latar Belakang


Usaha kerajinan sandal karakter ini adalah jenis usaha kerajinan bersekala kecil yang khusus hanya memproduksi berbagai macam sandal berbahan spons yang di bentuk dengan pola karakter kartun / animasi yang sedang ramai ditonton oleh para konsumen. Alasan saya dalam memilih usaha kerajinan sandal karakter saya dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan yang cukup matang.
Sandal sudah menjadi barang kebutuhan pokok manusia, sandal digunakan sebagai alas kaki atau pelindung kaki dari debu atau yang membahayakan kaki saat berjalan. Oleh karena itu saya menjual sandal karena selalu dicari oleh banyak orang .
Bahan baku yang digunakan tidak terlalu sulit dan mudah didapat. Saya hanya membutuhkan spons yang disuplai langsung oleh pabrik, lem karet dan alat untuk memotong pola. Agar lebih menarik pola dari sandal tersebut ialah tokoh kartun / animasi yang sedang digemari oleh para konsumen atau bahkan juga bisa request sesuai permintaan para konsumen.

2.2. Tujuan Kegiatan


Tujuan dari didirikannya usaha kerajinan sandal lucu ini adalah :
a.       Untuk mengembangkan kreatifitas diri saya dalam bidang kerajinan sandal.
b.      Memanfaatkan sandal jepit yang biasa-biasa saja menjadi lebih menarik lagi.
c.       Sebagai bentuk pembelajaran saya dalam berwirausaha.

2.3. Identitas Perusahaan


Nama jenis usaha                    : Home Industri “ KERAAJINAN SANDAL UNIK “
Alamat                                    : Perum Sumber Asri No. 32 – Kepongpongan Cirebon
Nama pemilik                         : Indah Aprilia
Bentuk usaha                          : Perorangan



2.4. Visi dan Misi


VISI
Visi kami adalah menjadi sebuah bisnis tekstil yang memberikan mutu yang konsisten untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

MISI
Misi kami adalah berkomitmen penuh terhadap produk yang berkualitas dan pelayanan memuaskan melalui penerapan sistem pengendalian manajemen yang baik. Sasaran kami adalah kualitas produk yang konsisten, pengiriman produk yang tepat waktu, kepuasan pelanggan dan peningkatan kualitas produk secara berkesinambungan.

2.5. Aktivitas Usaha


·         Memproduksi sandal berbagai macam karakter kartun / animasi.
·         Melayani kerjasama bagi yang berminat menjadi reseller.
·         Menjadi cinderamata bagi wisatawan yang berkunjung kedaerah cirebon.













BAB 3. TIM MANAJEMEN


 Dalam menjalankan usaha ini tentu saya tidak sendirian, saya dibantu oleh 2 orang teman saya yang sama-sama berstatus  sebagai mahasiswa semester 2 sebuah Universitas Swasta di Kota Cirebon. Dalam hal ini teman saya  membantu produksi dibagian Produksi ( Pemotongan pola, pengeleman ) dan sampai membantu pada proses pemasaran produk kami ini. Berikut susunan organisasi dalam perusahaan “ SANDAL UNIK “ :
OWNER
INDAH APRILLIA
MAREKTING
MEGA DWI S
PRODUKSI
SHELLY NUR LAELATI
 






















BAB 4. RENCANA KEUANGAN

BAB 4. RENCANA KEUANGAN

A.       Biaya Tetap Pembiayaan Per tahun


Kami tidak banyak menggunakan alat,karena proses pembuatan produk kami menggunakan tenaga manusia. Di bawah ini bahan yang di gunakan

No
Nama barang
Umlah barang
Harga satuan
Umlah harga
1
Gunting
5 buah
Rp 5.000
Rp 25.000
2
Jarum
6 buah
Rp 3.000
Rp 1.000
                                                                                           Jumlah                    Rp 4.000

B.        Biaya variabel(variabel cost) per bulan


No
Nama barang
Umlah barang
Harga satuan
Umlah harga
1
Sandal jepit
5 lusin
Rp 10.000
Rp 500.000
2
Kain flannel
30 meter
Rp 4.000
Rp 120.000
3
Boneka hias
50 buah
Rp 3.000
Rp 150.000
4
Lem kayu
10 buah
Rp 4.000
Rp 40.000
5
Plastic
3 ps
Rp 7.000
Rp 21.000
6
Karton
5 buah
Rp 3.000
Rp 15.000
7
Pulpen
3 buah
Rp 2.000
Rp 6.000

Spidol
3 buah
Rp 5.000
Rp 15.000
9
Nota bon
2 buah
Rp 5.000
Rp 10.000
10
Steples+isi
2 buah
Rp .000
Rp 10.000
11
Benang
10 buah
Rp 1.000
Rp 10.000
12
Poster
1 lembar
Rp 15.000
Rp 15.000
13
Foto opy
100 lembar
Rp 200
Rp 20.000
14
Taplak mea
2 buah
Rp 10.000
Rp 20.000
                                                                                                              Jumlah         Rp 952.000

         Biaya total  = Variabel cost + fixed cost
= Rp 952.000+Rp 4.000
                        =Rp 1.000.000

·           Biaya Harga Per unit
  Biaya per  unit adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : Jumlah produksi yang dihasilkan
= Rp 952.000 : 60 buah = Rp. 5.66
Harga jual per unit Rp 35.000

         Modal  Awal
    Modal awal = Rp Rp 952.000

·         Analisis Titik Impas (BEP)  
BEP harga = Total biaya produksi selama 1 bulan : produksi
= Rp 952.000 : 60 buah
= Rp 5.66
 H arga per unit Rp 35.000

B EP Produksi = total biaya produksi selama 1 bulan : harga per unit
                              =Rp 952.000 : Rp 35.000
                               = 27 buah
Jadi,untuk mencapai titik impas maka dalam  satu  sandal
            = 60 x Rp 35.000
= Rp 2.00.000

       Total biaya produksi dalam satu bulan
Keuntungan = Pendapatan – total biaya produksi
          = Rp 2.00.000  - Rp 952.000
          = Rp .4.000

Jadi,keuntungan yang diperoleh dengan menjual 60 buah lampu hias dengan harga Rp.35.000 per buah dalam satu bulan adalah Rp 1.14.000

       Sendal unik yang terjual per hari = 60 : 30
                            = 2 uah sandal unik

Maka,pay back periode = BEP produksi :penjualan per hari
                        = 27 : 3
                        = 7 hari
Jadi,modal akan kembali dalam jangka waktu 7 hari dalam penjualan 2 buah sandal  tiap harinya.











BAB 5. RENCANA PEMASARAN


5.1. Sasaran Pemasaran


Target pemasaran dari perusahaan kami ini  adalah :
·         Anak-anak
·         Remaja
·         Dewasa

5.2. Strategi Pemasaran


Kami akan memasarkan produk yang dijual dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan, memberikan potongan harga dan terus memperkenalkan sandal unik kualitas terbaik kepada koonsumen dengan cara memberikan Informasi yang jujur dan tanggung jawab. Sandal Unik juga menerima pesanan demi kepuasan konsumen atau pelanggan agar tetap setia datang kepada “ Sandal Unik “ .

5.3. Persaingan


Dalam usaha ini “ sandal unik “ menemukan satu pesaing yang lokasinya tidak jauh dari “ sandal unik “ .

5.4. Perkiraan Bagian Pasar


Perkiraan pembeli disekitar tempat produksi sebanyak 1.000 orang. Jika terdapat satu pesaing maka tiap usaha akan melayani 1.000/2 = 500 orang. Dengan perkiraan tersebut, penulis yakin masih ada peluang untuk mendapatkan keuntungan.





BAB 6. LOKASI USAHA


Tempat lokasi yang dipilih untuk memproduksi sandal unik ini ialah rumah pribadi dari saya sendiri, tentu pemilihan lokasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemajuan usaha itu sendiri. Pemilihan rumah pribadi beralasan karena demi menghemat pengeluaran untuk modal tetap yakni berupa bangunan dan juga agar saya dapat setiap waktu mengontrol proses produksi sehingga dapat terpantau dengan baik.
Selain itu pemilihan rumah pribadi sebagai tempat pribadi dikarenakan dekat dengan sumber bahan baku dan sumber daya manusia itu sendiri. Sengaja saya memilih merekrut para kerabat dekat saya agar dapat  ikut merasakan proses usaha ini sehingga dengan harapan agar mereka dapat termotifasi untuk mencoba terjun kedalam dunia usaha.
Tidak hanya dijadikan sebagai tempat produksi, rumah pribadi pun saya gunakan untuk membuka stand penjualan sandal unik ini, tentu saja target pasarnya pun adalah para konsumen yang berada di sekitar tempat produksi. Walaupun stand yang saya dirikan di rumah masih terbilang sangat kecil namun berkat cerita dari satu orang ke orang lain membuat produk yang kami jual banyak dicari oleh masyarakat.
Selain rumah pribadi yang dijadikan stand penjualan kami pun memasarkan produk kami dengan cara membuka stand di tengah-tengah keramaian publik seperti pasar, dan kami menitipkan produk kami ke warung-warung.
Penentuan lokasi usaha ini harus di perhatikan dengan hati-hati, dikarenakanjika salah memilih lokasi maka akan berdampak pada penjualan maupun dalam proses produksinya, yakni seperti jika lokasi usaha yang jauh dari jalan raya membuat akses distribusi akan terganggu atau bisa jadi biaya utnuk distribusi bahan baku akan sangat tinggi, dan selain itu apabil pemiihan lokasi usaha tidak tepat maka akan berdampak pada penjualan juga seperti jika lokasi usaha tidak mudah diketahui banyak orang maka otomatis jumlah penjualannya pun akan sedikit.
Usaha ini menargetkan anak-anak sebagai target pasar dalam penjualan, maka dari itu sengaja kami memilih tempat keramaian seperti mendatangi langsung para calon konsumen kita ke sekolah-sekolah dari mulai tingkat PAUD sampai ke Sekolah Dasar. Bentuk sandalnya yang berkarakterkan kartun dan animasi ini menjadi salah satu senjata untuk merebut hati para koonsumennya. Begitupun dengan harga dari sandal unik ini yang sangattejangkau membuat segala lapisan masyarakat dapat memiliki sandal unik tersebut, akan tetapi dengan menawarkan produk dnegan harga murah tidak mengurangi kualitas dari sandal unik ini.




BAB 7. RENCANA MANUFAKTUR


Usaha kerajinan sandal unik yang akan kami dirikan adalah jenis usaha industri rumahan berskala kecil yang khusus hanya memproduksi sandal berbahan spons.alasan kami dalam memilih usaha ini adalah berdasarkan atas pertimbangan-pertimbangan seperti ;Bahan spons yang sangat nyaman digunakan dan memiliki banyak warna sehingga dapat dipadu padankan menjadi sebuah sandal yang menarik.
Untuk usaha pembuatan sandal unik iini dikelola oleh tenaga kerja yang memiliki daya imajinasi dan tingkat ke-kreatifan yang tinggi sehingga mampu menghasilkan sebuah produk sandal yang memang berbeda dengan produk sandal ditempat lain, kelebihan dari sandal unik ini ialah bahan baku spons yang nyaman, lem di in soll maupun out soll yang kuat ditambah proses penjahitan di bagian out soll membuat sandal ini tahan terhadap air. Sehingga aktifitas perekonomian mahasiswa dalam usaha industri pembuatan sandal unik direspon oleh masyarakat luas. Mudah-mudahan dengan adanya program usaha pembuatan sandal unik ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar khususnya bagi mahasiswa yang mempunyai jiwa enterpreneur yang tinggi.

7.1. Metodologi Pembuatan Produk


Bahan Baku :
·         Spons ringan
·         Spons padat
·         Tali sandal
·         Lem karet
·         Benang sol
Tahapan produksi
·         Tentukan karakter kartun / animasi untuk dijadikan pola
·         Pilih spons padat & spons ringan
·         Potong spons padat & spons ringan mengikuti pola yang telah ditentukan dan ukuran sandal
·         Olesi lem karet pada bagian bawah  spons
·         Pasang tali sandal pada spons atas
·         Satukan kedua spons dengan posisi spons padat dibawah dan spons ringan diatas
·         Press sandal menggunakan mesin pengepres hingga lem merekat sempurna
·         Jahit bagian out soll sandal menggunakan benang sol
·         Pasang barcode untuk identitas produk
·         Kemas rapih produk menggunakan kemasan
·         Produk Sandal Unik siap dipasarkan

BAB 8. APENDIX



7 komentar:

  1. Sy pnya pengalaman membuat sepatu merk terkenal dan sy siap berbagi ilmu di bidang persepatuan untuk membantu Anda. Hubungi sy kpn pun anda butuh sy siaaap,,,,!!

    BalasHapus
  2. bagus bagus makalah nya tentang perencanaan usaha jualan sendal

    http://www.marketingkita.com/2017/08/cash-on-delivery-cod-dalam-ilmu-marketing.html

    BalasHapus
  3. Saya juga jual sendal batik tapi belum tahu bagaimana cara untuk memasarkan produk

    BalasHapus
  4. Titanium trim hair cutter reviews | TITIAN RANGER
    A detailed titanium mens rings comparison of the Titanium trim titanium nipple bars trim head and 출장마사지 the blade size. It titanium teeth comes with leatherman charge titanium a head size that is about 1 x 1 in  Rating: 5 · ‎1 review

    BalasHapus