DAFTAR ISI
BAB 1. RINGKASAN EKSEKUTIF
Home industri Sandal Karakter bermula pada melihat kebutuhan
masyarakat akan alas kaki sangat tinggi, sehingga kami mempunyai ide untuk memproduksi
sandal jepit namun dengan karakter unikseperti tokoh kartun dan animasi. Sandal
ini kami buat bertujuan agar para pengguna setia sandal tidak bosa dengan
bentuk sandal yang itu-itu aja. Sekarang konsumen dapat memilih karakter yang
mereka sukai bahkan dapat diaplikasikan nama agar sandal itu tidak tertukar
dengan orang lain.
Perusahaan yang saya
dirikan merupakan perusahaan rumahan ( Home industri ) dimana perusahaan ini
berawal dari kecintaan seorang Kakak kepadasang Adik yang baru belajar berjalan
dan baru belajar memakai sandal. Sang kakak sangat senang melihat adiknya
belajar berjalan dan tercetuslah ide untuk membuatkan sandal berbentuk karakter
kartun favorit sang adik, lantas sang kakak pun mencoba memesan sandal kepada
pengrajin sandal yang ada di wilayah cirebon ( barepan ). Tak sengaja para
kerabat yang ada dilingkungan rumah saya pun tertarik dengan sandal yang saya
buatkan untuk adik saya lalu sayamencoba belajar membuat sandal tersebut dari
mulai pemilihan bahan, pembuatan design, pemotongan pola sampai pada
pengeleman. Dikarenakan pada awalnya saya hanya menyuplai bahan dari pengrajin
yang sudah ada, sehingga keuntungan yang
saya peroleh pun tidak maksimal. Lalu saya pun memilih untuk mencari tau pabrik yang menyediakan
bahan baku berupa spons ringan hingga spons padat.
Kegiatan usaha ini
dimulai sejak saya masih duduk dibangku semester 1 hingga sekarang saya duduk
dibangku semester 2 baru 6 bulan, belum lama memang. Yakni tepatnya pada
tanggal 4 Oktober 2014. Usaha ini pada awalnya dikelola oleh saya sendiri dari
mulai proses penyediaan bahan baku, proses produksi sampai proses pemasaran
saya lakukan sendiri. Akan tetapi kini melihat semakain meningkatnya target
pasar yang saya bidik membuat jumlah permintaan terhadap produk yang kami
produksi meningkat tajam sehingga saya meminta bantuan kepada rekan saya untuk
membantu saya menangani produksi sandal karakter ini.
Harapan untuk
kedepannya dari usaha ini adalah semakin luasnya target pasar untuk produk kami
melalui Web sendiri yang kami kelola sehingga para konsumennya pun tidak hanya
berasal dari lingkungan sekitar akan tetapi dari luar lingkungan sekitarpun
dapat dengan mudah mengetahui produk kami dengan cara mengakses Web pribadi
kami. Selain itu kami juga berharap kepada pemerintah untuk menghimbau kepada
masyarakat Indonesia agar terus mencintai produk-produk Inidonesia, karena pada
dasarnya dari industri-industri kreatif inilah yang membantu pemerintah dalam
menangani masalah perekonomian masyarakat.
BAB 2. LATAR BELAKANG
2.1. Latar Belakang
Usaha kerajinan sandal
karakter ini adalah jenis usaha kerajinan bersekala kecil yang khusus hanya
memproduksi berbagai macam sandal berbahan spons yang di bentuk dengan pola
karakter kartun / animasi yang sedang ramai ditonton oleh para konsumen. Alasan
saya dalam memilih usaha kerajinan sandal karakter saya dasarkan atas
pertimbangan-pertimbangan yang cukup matang.
Sandal sudah menjadi
barang kebutuhan pokok manusia, sandal digunakan sebagai alas kaki atau
pelindung kaki dari debu atau yang membahayakan kaki saat berjalan. Oleh karena
itu saya menjual sandal karena selalu dicari oleh banyak orang .
Bahan baku yang
digunakan tidak terlalu sulit dan mudah didapat. Saya hanya membutuhkan spons
yang disuplai langsung oleh pabrik, lem karet dan alat untuk memotong pola.
Agar lebih menarik pola dari sandal tersebut ialah tokoh kartun / animasi yang
sedang digemari oleh para konsumen atau bahkan juga bisa request sesuai
permintaan para konsumen.
2.2. Tujuan Kegiatan
Tujuan dari
didirikannya usaha kerajinan sandal lucu ini adalah :
a.
Untuk mengembangkan kreatifitas diri
saya dalam bidang kerajinan sandal.
b.
Memanfaatkan sandal jepit yang
biasa-biasa saja menjadi lebih menarik lagi.
c.
Sebagai bentuk pembelajaran saya dalam
berwirausaha.
2.3. Identitas Perusahaan
Nama
jenis usaha : Home
Industri “ KERAAJINAN SANDAL UNIK “
Alamat : Perum
Sumber Asri No. 32 – Kepongpongan Cirebon
Nama
pemilik : Indah
Aprilia
Bentuk
usaha :
Perorangan
2.4. Visi dan Misi
VISI
Visi
kami adalah menjadi sebuah bisnis tekstil yang memberikan mutu yang konsisten
untuk memenuhi kepuasan pelanggan.
MISI
Misi
kami adalah berkomitmen penuh terhadap produk yang berkualitas dan pelayanan
memuaskan melalui penerapan sistem pengendalian manajemen yang baik. Sasaran
kami adalah kualitas produk yang konsisten, pengiriman produk yang tepat waktu,
kepuasan pelanggan dan peningkatan kualitas produk secara berkesinambungan.
2.5. Aktivitas Usaha
·
Memproduksi sandal berbagai macam
karakter kartun / animasi.
·
Melayani kerjasama bagi yang berminat
menjadi reseller.
·
Menjadi cinderamata bagi wisatawan yang
berkunjung kedaerah cirebon.
BAB 3. TIM MANAJEMEN
Dalam menjalankan usaha ini tentu saya tidak
sendirian, saya dibantu oleh 2 orang teman saya yang sama-sama berstatus sebagai mahasiswa semester 2 sebuah
Universitas Swasta di Kota Cirebon. Dalam hal ini teman saya membantu produksi dibagian Produksi ( Pemotongan
pola, pengeleman ) dan sampai membantu pada proses pemasaran produk kami ini.
Berikut susunan organisasi dalam perusahaan “ SANDAL UNIK “ :
OWNER
INDAH APRILLIA
|
MAREKTING
MEGA DWI S
|
PRODUKSI
SHELLY NUR LAELATI
|
BAB 4. RENCANA KEUANGAN
BAB 4. RENCANA KEUANGAN
A. Biaya Tetap Pembiayaan Per tahun
Kami tidak
banyak menggunakan alat,karena proses pembuatan produk kami menggunakan tenaga
manusia. Di bawah ini bahan yang di gunakan
No
|
Nama barang
|
Umlah barang
|
Harga satuan
|
Umlah harga
|
1
|
Gunting
|
5 buah
|
Rp 5.000
|
Rp 25.000
|
2
|
Jarum
|
6 buah
|
Rp 3.000
|
Rp 1.000
|
Jumlah Rp 4.000
|
B. Biaya variabel(variabel cost) per bulan
No
|
Nama barang
|
Umlah barang
|
Harga satuan
|
Umlah harga
|
1
|
Sandal jepit
|
5 lusin
|
Rp 10.000
|
Rp 500.000
|
2
|
Kain flannel
|
30 meter
|
Rp 4.000
|
Rp 120.000
|
3
|
Boneka hias
|
50 buah
|
Rp 3.000
|
Rp 150.000
|
4
|
Lem kayu
|
10 buah
|
Rp 4.000
|
Rp 40.000
|
5
|
Plastic
|
3 ps
|
Rp 7.000
|
Rp 21.000
|
6
|
Karton
|
5 buah
|
Rp 3.000
|
Rp 15.000
|
7
|
Pulpen
|
3 buah
|
Rp 2.000
|
Rp 6.000
|
|
Spidol
|
3 buah
|
Rp 5.000
|
Rp 15.000
|
9
|
Nota bon
|
2 buah
|
Rp 5.000
|
Rp 10.000
|
10
|
Steples+isi
|
2 buah
|
Rp .000
|
Rp 10.000
|
11
|
Benang
|
10 buah
|
Rp 1.000
|
Rp 10.000
|
12
|
Poster
|
1 lembar
|
Rp 15.000
|
Rp 15.000
|
13
|
Foto opy
|
100 lembar
|
Rp 200
|
Rp 20.000
|
14
|
Taplak mea
|
2 buah
|
Rp 10.000
|
Rp 20.000
|
Jumlah
Rp 952.000
|
Biaya total = Variabel cost + fixed cost
= Rp 952.000+Rp 4.000
=Rp
1.000.000
·
Biaya Harga Per unit
Biaya per unit
adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : Jumlah produksi yang dihasilkan
= Rp 952.000 : 60 buah = Rp. 5.66
Harga jual per unit Rp 35.000
Modal Awal
Modal awal = Rp Rp 952.000
·
Analisis Titik Impas (BEP)
BEP harga = Total biaya produksi selama 1 bulan :
produksi
= Rp 952.000 : 60 buah
= Rp 5.66
H arga per unit Rp 35.000
B EP Produksi = total biaya produksi selama 1 bulan :
harga per unit
=Rp 952.000 : Rp 35.000
= 27 buah
Jadi,untuk mencapai titik impas maka dalam satu sandal
= 60 x Rp 35.000
= Rp 2.00.000
Total biaya produksi dalam satu bulan
Keuntungan = Pendapatan – total biaya produksi
= Rp 2.00.000 - Rp 952.000
= Rp .4.000
Jadi,keuntungan yang diperoleh dengan menjual 60 buah lampu
hias dengan harga Rp.35.000 per buah dalam satu bulan
adalah Rp 1.14.000
Sendal unik yang terjual per hari = 60 : 30
= 2 uah sandal unik
Maka,pay back periode = BEP produksi :penjualan per
hari
= 27 : 3
= 7 hari
Jadi,modal akan kembali dalam jangka
waktu 7 hari dalam penjualan 2 buah sandal tiap harinya.
BAB 5. RENCANA PEMASARAN
5.1. Sasaran Pemasaran
Target pemasaran dari perusahaan kami ini adalah :
·
Anak-anak
·
Remaja
·
Dewasa
5.2. Strategi Pemasaran
Kami akan memasarkan
produk yang dijual dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan,
memberikan potongan harga dan terus memperkenalkan sandal unik kualitas terbaik
kepada koonsumen dengan cara memberikan Informasi yang jujur dan tanggung
jawab. Sandal Unik juga menerima pesanan demi kepuasan konsumen atau pelanggan
agar tetap setia datang kepada “ Sandal Unik “ .
5.3. Persaingan
Dalam
usaha ini “ sandal unik “ menemukan satu pesaing yang lokasinya tidak jauh dari
“ sandal unik “ .
5.4. Perkiraan Bagian Pasar
Perkiraan pembeli
disekitar tempat produksi sebanyak 1.000 orang. Jika terdapat satu pesaing maka
tiap usaha akan melayani 1.000/2 = 500 orang. Dengan perkiraan tersebut,
penulis yakin masih ada peluang untuk mendapatkan keuntungan.
BAB 6. LOKASI USAHA
Tempat lokasi yang dipilih
untuk memproduksi sandal unik ini ialah rumah pribadi dari saya sendiri, tentu
pemilihan lokasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemajuan usaha itu
sendiri. Pemilihan rumah pribadi beralasan karena demi menghemat pengeluaran
untuk modal tetap yakni berupa bangunan dan juga agar saya dapat setiap waktu
mengontrol proses produksi sehingga dapat terpantau dengan baik.
Selain itu pemilihan
rumah pribadi sebagai tempat pribadi dikarenakan dekat dengan sumber bahan baku
dan sumber daya manusia itu sendiri. Sengaja saya memilih merekrut para kerabat
dekat saya agar dapat ikut merasakan
proses usaha ini sehingga dengan harapan agar mereka dapat termotifasi untuk
mencoba terjun kedalam dunia usaha.
Tidak hanya dijadikan
sebagai tempat produksi, rumah pribadi pun saya gunakan untuk membuka stand
penjualan sandal unik ini, tentu saja target pasarnya pun adalah para konsumen
yang berada di sekitar tempat produksi. Walaupun stand yang saya dirikan di
rumah masih terbilang sangat kecil namun berkat cerita dari satu orang ke orang
lain membuat produk yang kami jual banyak dicari oleh masyarakat.
Selain rumah pribadi
yang dijadikan stand penjualan kami pun memasarkan produk kami dengan cara
membuka stand di tengah-tengah keramaian publik seperti pasar, dan kami
menitipkan produk kami ke warung-warung.
Penentuan lokasi usaha
ini harus di perhatikan dengan hati-hati, dikarenakanjika salah memilih lokasi
maka akan berdampak pada penjualan maupun dalam proses produksinya, yakni
seperti jika lokasi usaha yang jauh dari jalan raya membuat akses distribusi
akan terganggu atau bisa jadi biaya utnuk distribusi bahan baku akan sangat
tinggi, dan selain itu apabil pemiihan lokasi usaha tidak tepat maka akan
berdampak pada penjualan juga seperti jika lokasi usaha tidak mudah diketahui
banyak orang maka otomatis jumlah penjualannya pun akan sedikit.
Usaha ini menargetkan
anak-anak sebagai target pasar dalam penjualan, maka dari itu sengaja kami
memilih tempat keramaian seperti mendatangi langsung para calon konsumen kita
ke sekolah-sekolah dari mulai tingkat PAUD sampai ke Sekolah Dasar. Bentuk
sandalnya yang berkarakterkan kartun dan animasi ini menjadi salah satu senjata
untuk merebut hati para koonsumennya. Begitupun dengan harga dari sandal unik
ini yang sangattejangkau membuat segala lapisan masyarakat dapat memiliki
sandal unik tersebut, akan tetapi dengan menawarkan produk dnegan harga murah
tidak mengurangi kualitas dari sandal unik ini.
BAB 7. RENCANA MANUFAKTUR
Usaha
kerajinan sandal unik yang akan kami dirikan adalah jenis usaha industri
rumahan berskala kecil yang khusus hanya memproduksi sandal berbahan
spons.alasan kami dalam memilih usaha ini adalah berdasarkan atas pertimbangan-pertimbangan
seperti ;Bahan spons yang sangat nyaman digunakan dan memiliki banyak warna
sehingga dapat dipadu padankan menjadi sebuah sandal yang menarik.
Untuk
usaha pembuatan sandal unik iini dikelola oleh tenaga kerja yang memiliki daya
imajinasi dan tingkat ke-kreatifan yang tinggi sehingga mampu menghasilkan
sebuah produk sandal yang memang berbeda dengan produk sandal ditempat lain,
kelebihan dari sandal unik ini ialah bahan baku spons yang nyaman, lem di in
soll maupun out soll yang kuat ditambah proses penjahitan di bagian out soll
membuat sandal ini tahan terhadap air. Sehingga aktifitas perekonomian
mahasiswa dalam usaha industri pembuatan sandal unik direspon oleh masyarakat
luas. Mudah-mudahan dengan adanya program usaha pembuatan sandal unik ini dapat
menjadi contoh bagi masyarakat sekitar khususnya bagi mahasiswa yang mempunyai
jiwa enterpreneur yang tinggi.
7.1. Metodologi Pembuatan Produk
Bahan Baku :
·
Spons ringan
·
Spons padat
·
Tali sandal
·
Lem karet
·
Benang sol
Tahapan produksi
·
Tentukan karakter kartun / animasi untuk
dijadikan pola
·
Pilih spons padat & spons ringan
·
Potong spons padat & spons ringan
mengikuti pola yang telah ditentukan dan ukuran sandal
·
Olesi lem karet pada bagian bawah spons
·
Pasang tali sandal pada spons atas
·
Satukan kedua spons dengan posisi spons
padat dibawah dan spons ringan diatas
·
Press sandal menggunakan mesin pengepres
hingga lem merekat sempurna
·
Jahit bagian out soll sandal menggunakan
benang sol
·
Pasang barcode untuk identitas produk
·
Kemas rapih produk menggunakan kemasan
·
Produk Sandal Unik siap dipasarkan
BAB 8. APENDIX
DAFTAR ISI
BAB 1. RINGKASAN EKSEKUTIF
Home industri Sandal Karakter “ “ bermula pada melihat kebutuhan
masyarakat akan alas kaki sangat tinggi, sehingga kami mempunyai ide untuk memproduksi
sandal jepit namun dengan karakter unikseperti tokoh kartun dan animasi. Sandal
ini kami buat bertujuan agar para pengguna setia sandal tidak bosa dengan
bentuk sandal yang itu-itu aja. Sekarang konsumen dapat memilih karakter yang
mereka sukai bahkan dapat diaplikasikan nama agar sandal itu tidak tertukar
dengan orang lain.
Perusahaan yang saya
dirikan merupakan perusahaan rumahan ( Home industri ) dimana perusahaan ini
berawal dari kecintaan seorang Kakak kepadasang Adik yang baru belajar berjalan
dan baru belajar memakai sandal. Sang kakak sangat senang melihat adiknya
belajar berjalan dan tercetuslah ide untuk membuatkan sandal berbentuk karakter
kartun favorit sang adik, lantas sang kakak pun mencoba memesan sandal kepada
pengrajin sandal yang ada di wilayah cirebon ( barepan ). Tak sengaja para
kerabat yang ada dilingkungan rumah saya pun tertarik dengan sandal yang saya
buatkan untuk adik saya lalu sayamencoba belajar membuat sandal tersebut dari
mulai pemilihan bahan, pembuatan design, pemotongan pola sampai pada
pengeleman. Dikarenakan pada awalnya saya hanya menyuplai bahan dari pengrajin
yang sudah ada, sehingga keuntungan yang
saya peroleh pun tidak maksimal. Lalu saya pun memilih untuk mencari tau pabrik yang menyediakan
bahan baku berupa spons ringan hingga spons padat.
Kegiatan usaha ini
dimulai sejak saya masih duduk dibangku semester 1 hingga sekarang saya duduk
dibangku semester 2 baru 6 bulan, belum lama memang. Yakni tepatnya pada
tanggal 4 Oktober 2014. Usaha ini pada awalnya dikelola oleh saya sendiri dari
mulai proses penyediaan bahan baku, proses produksi sampai proses pemasaran
saya lakukan sendiri. Akan tetapi kini melihat semakain meningkatnya target
pasar yang saya bidik membuat jumlah permintaan terhadap produk yang kami
produksi meningkat tajam sehingga saya meminta bantuan kepada rekan saya untuk
membantu saya menangani produksi sandal karakter ini.
Harapan untuk
kedepannya dari usaha ini adalah semakin luasnya target pasar untuk produk kami
melalui Web sendiri yang kami kelola sehingga para konsumennya pun tidak hanya
berasal dari lingkungan sekitar akan tetapi dari luar lingkungan sekitarpun
dapat dengan mudah mengetahui produk kami dengan cara mengakses Web pribadi
kami. Selain itu kami juga berharap kepada pemerintah untuk menghimbau kepada
masyarakat Indonesia agar terus mencintai produk-produk Inidonesia, karena pada
dasarnya dari industri-industri kreatif inilah yang membantu pemerintah dalam
menangani masalah perekonomian masyarakat.
BAB 2. LATAR BELAKANG
2.1. Latar Belakang
Usaha kerajinan sandal
karakter ini adalah jenis usaha kerajinan bersekala kecil yang khusus hanya
memproduksi berbagai macam sandal berbahan spons yang di bentuk dengan pola
karakter kartun / animasi yang sedang ramai ditonton oleh para konsumen. Alasan
saya dalam memilih usaha kerajinan sandal karakter saya dasarkan atas
pertimbangan-pertimbangan yang cukup matang.
Sandal sudah menjadi
barang kebutuhan pokok manusia, sandal digunakan sebagai alas kaki atau
pelindung kaki dari debu atau yang membahayakan kaki saat berjalan. Oleh karena
itu saya menjual sandal karena selalu dicari oleh banyak orang .
Bahan baku yang
digunakan tidak terlalu sulit dan mudah didapat. Saya hanya membutuhkan spons
yang disuplai langsung oleh pabrik, lem karet dan alat untuk memotong pola.
Agar lebih menarik pola dari sandal tersebut ialah tokoh kartun / animasi yang
sedang digemari oleh para konsumen atau bahkan juga bisa request sesuai
permintaan para konsumen.
2.2. Tujuan Kegiatan
Tujuan dari
didirikannya usaha kerajinan sandal lucu ini adalah :
a.
Untuk mengembangkan kreatifitas diri
saya dalam bidang kerajinan sandal.
b.
Memanfaatkan sandal jepit yang
biasa-biasa saja menjadi lebih menarik lagi.
c.
Sebagai bentuk pembelajaran saya dalam
berwirausaha.
2.3. Identitas Perusahaan
Nama
jenis usaha : Home
Industri “ KERAAJINAN SANDAL UNIK “
Alamat : Perum
Sumber Asri No. 32 – Kepongpongan Cirebon
Nama
pemilik : Indah
Aprilia
Bentuk
usaha :
Perorangan
2.4. Visi dan Misi
VISI
Visi
kami adalah menjadi sebuah bisnis tekstil yang memberikan mutu yang konsisten
untuk memenuhi kepuasan pelanggan.
MISI
Misi
kami adalah berkomitmen penuh terhadap produk yang berkualitas dan pelayanan
memuaskan melalui penerapan sistem pengendalian manajemen yang baik. Sasaran
kami adalah kualitas produk yang konsisten, pengiriman produk yang tepat waktu,
kepuasan pelanggan dan peningkatan kualitas produk secara berkesinambungan.
2.5. Aktivitas Usaha
·
Memproduksi sandal berbagai macam
karakter kartun / animasi.
·
Melayani kerjasama bagi yang berminat
menjadi reseller.
·
Menjadi cinderamata bagi wisatawan yang
berkunjung kedaerah cirebon.
BAB 3. TIM MANAJEMEN
Dalam menjalankan usaha ini tentu saya tidak
sendirian, saya dibantu oleh 2 orang teman saya yang sama-sama berstatus sebagai mahasiswa semester 2 sebuah
Universitas Swasta di Kota Cirebon. Dalam hal ini teman saya membantu produksi dibagian Produksi ( Pemotongan
pola, pengeleman ) dan sampai membantu pada proses pemasaran produk kami ini.
Berikut susunan organisasi dalam perusahaan “ SANDAL UNIK “ :
OWNER
INDAH APRILLIA
|
MAREKTING
MEGA DWI S
|
PRODUKSI
SHELLY NUR LAELATI
|
BAB 4. RENCANA KEUANGAN
BAB 4. RENCANA KEUANGAN
A. Biaya Tetap Pembiayaan Per tahun
Kami tidak
banyak menggunakan alat,karena proses pembuatan produk kami menggunakan tenaga
manusia. Di bawah ini bahan yang di gunakan
No
|
Nama barang
|
Umlah barang
|
Harga satuan
|
Umlah harga
|
1
|
Gunting
|
5 buah
|
Rp 5.000
|
Rp 25.000
|
2
|
Jarum
|
6 buah
|
Rp 3.000
|
Rp 1.000
|
Jumlah Rp 4.000
|
B. Biaya variabel(variabel cost) per bulan
No
|
Nama barang
|
Umlah barang
|
Harga satuan
|
Umlah harga
|
1
|
Sandal jepit
|
5 lusin
|
Rp 10.000
|
Rp 500.000
|
2
|
Kain flannel
|
30 meter
|
Rp 4.000
|
Rp 120.000
|
3
|
Boneka hias
|
50 buah
|
Rp 3.000
|
Rp 150.000
|
4
|
Lem kayu
|
10 buah
|
Rp 4.000
|
Rp 40.000
|
5
|
Plastic
|
3 ps
|
Rp 7.000
|
Rp 21.000
|
6
|
Karton
|
5 buah
|
Rp 3.000
|
Rp 15.000
|
7
|
Pulpen
|
3 buah
|
Rp 2.000
|
Rp 6.000
|
|
Spidol
|
3 buah
|
Rp 5.000
|
Rp 15.000
|
9
|
Nota bon
|
2 buah
|
Rp 5.000
|
Rp 10.000
|
10
|
Steples+isi
|
2 buah
|
Rp .000
|
Rp 10.000
|
11
|
Benang
|
10 buah
|
Rp 1.000
|
Rp 10.000
|
12
|
Poster
|
1 lembar
|
Rp 15.000
|
Rp 15.000
|
13
|
Foto opy
|
100 lembar
|
Rp 200
|
Rp 20.000
|
14
|
Taplak mea
|
2 buah
|
Rp 10.000
|
Rp 20.000
|
Jumlah
Rp 952.000
|
Biaya total = Variabel cost + fixed cost
= Rp 952.000+Rp 4.000
=Rp
1.000.000
·
Biaya Harga Per unit
Biaya per unit
adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : Jumlah produksi yang dihasilkan
= Rp 952.000 : 60 buah = Rp. 5.66
Harga jual per unit Rp 35.000
Modal Awal
Modal awal = Rp Rp 952.000
·
Analisis Titik Impas (BEP)
BEP harga = Total biaya produksi selama 1 bulan :
produksi
= Rp 952.000 : 60 buah
= Rp 5.66
H arga per unit Rp 35.000
B EP Produksi = total biaya produksi selama 1 bulan :
harga per unit
=Rp 952.000 : Rp 35.000
= 27 buah
Jadi,untuk mencapai titik impas maka dalam satu sandal
= 60 x Rp 35.000
= Rp 2.00.000
Total biaya produksi dalam satu bulan
Keuntungan = Pendapatan – total biaya produksi
= Rp 2.00.000 - Rp 952.000
= Rp .4.000
Jadi,keuntungan yang diperoleh dengan menjual 60 buah lampu
hias dengan harga Rp.35.000 per buah dalam satu bulan
adalah Rp 1.14.000
Sendal unik yang terjual per hari = 60 : 30
= 2 uah sandal unik
Maka,pay back periode = BEP produksi :penjualan per
hari
= 27 : 3
= 7 hari
Jadi,modal akan kembali dalam jangka
waktu 7 hari dalam penjualan 2 buah sandal tiap harinya.
BAB 5. RENCANA PEMASARAN
5.1. Sasaran Pemasaran
Target pemasaran dari perusahaan kami ini adalah :
·
Anak-anak
·
Remaja
·
Dewasa
5.2. Strategi Pemasaran
Kami akan memasarkan
produk yang dijual dengan cara memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan,
memberikan potongan harga dan terus memperkenalkan sandal unik kualitas terbaik
kepada koonsumen dengan cara memberikan Informasi yang jujur dan tanggung
jawab. Sandal Unik juga menerima pesanan demi kepuasan konsumen atau pelanggan
agar tetap setia datang kepada “ Sandal Unik “ .
5.3. Persaingan
Dalam
usaha ini “ sandal unik “ menemukan satu pesaing yang lokasinya tidak jauh dari
“ sandal unik “ .
5.4. Perkiraan Bagian Pasar
Perkiraan pembeli
disekitar tempat produksi sebanyak 1.000 orang. Jika terdapat satu pesaing maka
tiap usaha akan melayani 1.000/2 = 500 orang. Dengan perkiraan tersebut,
penulis yakin masih ada peluang untuk mendapatkan keuntungan.
BAB 6. LOKASI USAHA
Tempat lokasi yang dipilih
untuk memproduksi sandal unik ini ialah rumah pribadi dari saya sendiri, tentu
pemilihan lokasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemajuan usaha itu
sendiri. Pemilihan rumah pribadi beralasan karena demi menghemat pengeluaran
untuk modal tetap yakni berupa bangunan dan juga agar saya dapat setiap waktu
mengontrol proses produksi sehingga dapat terpantau dengan baik.
Selain itu pemilihan
rumah pribadi sebagai tempat pribadi dikarenakan dekat dengan sumber bahan baku
dan sumber daya manusia itu sendiri. Sengaja saya memilih merekrut para kerabat
dekat saya agar dapat ikut merasakan
proses usaha ini sehingga dengan harapan agar mereka dapat termotifasi untuk
mencoba terjun kedalam dunia usaha.
Tidak hanya dijadikan
sebagai tempat produksi, rumah pribadi pun saya gunakan untuk membuka stand
penjualan sandal unik ini, tentu saja target pasarnya pun adalah para konsumen
yang berada di sekitar tempat produksi. Walaupun stand yang saya dirikan di
rumah masih terbilang sangat kecil namun berkat cerita dari satu orang ke orang
lain membuat produk yang kami jual banyak dicari oleh masyarakat.
Selain rumah pribadi
yang dijadikan stand penjualan kami pun memasarkan produk kami dengan cara
membuka stand di tengah-tengah keramaian publik seperti pasar, dan kami
menitipkan produk kami ke warung-warung.
Penentuan lokasi usaha
ini harus di perhatikan dengan hati-hati, dikarenakanjika salah memilih lokasi
maka akan berdampak pada penjualan maupun dalam proses produksinya, yakni
seperti jika lokasi usaha yang jauh dari jalan raya membuat akses distribusi
akan terganggu atau bisa jadi biaya utnuk distribusi bahan baku akan sangat
tinggi, dan selain itu apabil pemiihan lokasi usaha tidak tepat maka akan
berdampak pada penjualan juga seperti jika lokasi usaha tidak mudah diketahui
banyak orang maka otomatis jumlah penjualannya pun akan sedikit.
Usaha ini menargetkan
anak-anak sebagai target pasar dalam penjualan, maka dari itu sengaja kami
memilih tempat keramaian seperti mendatangi langsung para calon konsumen kita
ke sekolah-sekolah dari mulai tingkat PAUD sampai ke Sekolah Dasar. Bentuk
sandalnya yang berkarakterkan kartun dan animasi ini menjadi salah satu senjata
untuk merebut hati para koonsumennya. Begitupun dengan harga dari sandal unik
ini yang sangattejangkau membuat segala lapisan masyarakat dapat memiliki
sandal unik tersebut, akan tetapi dengan menawarkan produk dnegan harga murah
tidak mengurangi kualitas dari sandal unik ini.
BAB 7. RENCANA MANUFAKTUR
Usaha
kerajinan sandal unik yang akan kami dirikan adalah jenis usaha industri
rumahan berskala kecil yang khusus hanya memproduksi sandal berbahan
spons.alasan kami dalam memilih usaha ini adalah berdasarkan atas pertimbangan-pertimbangan
seperti ;Bahan spons yang sangat nyaman digunakan dan memiliki banyak warna
sehingga dapat dipadu padankan menjadi sebuah sandal yang menarik.
Untuk
usaha pembuatan sandal unik iini dikelola oleh tenaga kerja yang memiliki daya
imajinasi dan tingkat ke-kreatifan yang tinggi sehingga mampu menghasilkan
sebuah produk sandal yang memang berbeda dengan produk sandal ditempat lain,
kelebihan dari sandal unik ini ialah bahan baku spons yang nyaman, lem di in
soll maupun out soll yang kuat ditambah proses penjahitan di bagian out soll
membuat sandal ini tahan terhadap air. Sehingga aktifitas perekonomian
mahasiswa dalam usaha industri pembuatan sandal unik direspon oleh masyarakat
luas. Mudah-mudahan dengan adanya program usaha pembuatan sandal unik ini dapat
menjadi contoh bagi masyarakat sekitar khususnya bagi mahasiswa yang mempunyai
jiwa enterpreneur yang tinggi.
7.1. Metodologi Pembuatan Produk
Bahan Baku :
·
Spons ringan
·
Spons padat
·
Tali sandal
·
Lem karet
·
Benang sol
Tahapan produksi
·
Tentukan karakter kartun / animasi untuk
dijadikan pola
·
Pilih spons padat & spons ringan
·
Potong spons padat & spons ringan
mengikuti pola yang telah ditentukan dan ukuran sandal
·
Olesi lem karet pada bagian bawah spons
·
Pasang tali sandal pada spons atas
·
Satukan kedua spons dengan posisi spons
padat dibawah dan spons ringan diatas
·
Press sandal menggunakan mesin pengepres
hingga lem merekat sempurna
·
Jahit bagian out soll sandal menggunakan
benang sol
·
Pasang barcode untuk identitas produk
·
Kemas rapih produk menggunakan kemasan
·
Produk Sandal Unik siap dipasarkan
wah lengkap banget analisanya.
BalasHapusinspiratif
Sy pnya pengalaman membuat sepatu merk terkenal dan sy siap berbagi ilmu di bidang persepatuan untuk membantu Anda. Hubungi sy kpn pun anda butuh sy siaaap,,,,!!
BalasHapusbagus bagus makalah nya tentang perencanaan usaha jualan sendal
BalasHapushttp://www.marketingkita.com/2017/08/cash-on-delivery-cod-dalam-ilmu-marketing.html
4.000 dapat dari mana kak?
BalasHapusmantap kak
BalasHapusSaya juga jual sendal batik tapi belum tahu bagaimana cara untuk memasarkan produk
BalasHapusTitanium trim hair cutter reviews | TITIAN RANGER
BalasHapusA detailed titanium mens rings comparison of the Titanium trim titanium nipple bars trim head and 출장마사지 the blade size. It titanium teeth comes with leatherman charge titanium a head size that is about 1 x 1 in Rating: 5 · 1 review